Erwin Ayal Resmi Jabat Ketua DPRD Kota Sorong

Kota Sorong PW- Rapat paripurna istimewa tahun 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sorong, dengan agenda “Peresmian Penggantian dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Ketua DPRD Kota Sorong Sisa Masa Jabatan 2019 – 2024, berlangsung di ruang sidang utama kantor DPRD Kota Sorong (5/7).

Dimana Ketua Pengadilan Negeri Sorong, Beauty Deitje Simatauw memimpin prosesi pengangkatan Erwin Ayal sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Kota Sorong sisa masa jabatan 2019 – 2024. Erwin Ayal menggantikan posisi Petronela Kambuaya sebagai Ketua DPRD Kota Sorong yang sama-sama berasal dari Partai Golkar.

Dalam rapat paripurna istimewa tersebut, dari 30 orang anggota, yang hadir hanya 21 orang. 4 orang sakit dan 5 orang lainnya ijin. Prosesi tersebut ditandai dengan pengucapan janji dan penyerahan berita acara dari Ketua PN Sorong kepada Erwin Ayal. Erwin Ayal selanjutnya menerima palu pimpinan dari Petronela Kambuaya.

Penjabat Walikota Sorong George Yarangga, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Erwin Ayal yang dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Sorong dan berterimakasih serta penghargaan kepada Petronela Kambuaya, atas kontribusi serta perhatian selama menjabat Ketua DPRD Kota Sorong.

“Saya berharap Ketua DPRD yang baru agar dapat mengemban amanah rakyat untuk jadi penambah spirit dalam pembangunan demokrasi. Kerjasama yang selama ini sudah terbangun agar tetap dipertahankan, mengingat masih banyak prioritas pembangunan dan kebutuhan rakyat yang sangat mendesak dan harus dilakukan.”

Petronela Kambuaya dalam kesempatan tersebut menjelaskan jika berdasarkan sistem dalam kepartaian, maka wajib baik sebagai Ketua DPRD maupun Ketua Partai, harus memberikan kesempatan dan mengkaderkan para kader yang ada di bawah untuk muncul di permukaan. Oleh karenanya, kita harus berjiwa besar untuk mengkaderkan adik-adik untuk bisa menjadi pemimpin.

Petronela Kambuaya selanjutnya dipercaya sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar, Anggota Komisi 3, Badan Anggaran dan Badan Musyawarah di DPRD Kota Sorong ini berpesan agar Ketua DPRD yang baru dapat mengikuti jejak yang sudah dilakukannya. Mengayomi, melindungi dan merangkul seluruh anggota DPRD Kota Sorong bahkan masyarakat Kota Sorong terutama konstituen.

Dalam kesempatan lain, Lambert Jitmau selaku Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat Daya berpesan kepada Erwin Ayal agar memberikan yang terbaik. “Kinerja baik dari ketua yang lama dapat dipertahankan, bila perlu ditingkatkan. Hal ini untuk menjaga wibawa lembaga maupun citra partai.”

Erwin Ayal mengatakan jika program yang ada di DPRD sudah terprogram, jadi dirinya hanya melanjutkan program yang ada. “Yang jelas saya akan berbuat yang terbaik untuk masyarakat, lembaga dan juga untuk Partai Golkar.”

*Jacob Sumampouw

Related posts